Senin, 09 April 2018

SMANTAN Melaksanakan UNBK TP 2017/2018

UN (Ujian Nasional) adalah hajatan tahunan untuk seluruh sekolah yang ada di wilayah Indonesia. Menurut POS UN 2018 dikatakan bahwa UN dilaksanakan dengan menggunakan komputer, kecuali bagi sekolah yang belum memiliki sarana yang memadai. UN yang dilaksanakan menggunakan komputer disebut UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer).
Pada tahun pelajaran 2017/2018 ini peserta UNBK SMAN 1 Tanjung sebanyak 272 siswa yang terdiri dari 20 siswa peminatan BB (Bahasa dan Budaya), 133 siswa peminatan MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) dan 119 siswa peminatan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Pelaksanaan UNBK diatur dalam 3 sesi, mulai pukul 07.30 WITA berakhir pukul 16.00 WITA.
Alhamdulillah, berkat dukungan kepala sekolah yang memantau setiap saat pelaksanaan UNBK beserta kerja sama yang solid anatara panitia, pengawas, proktor dan teknisi serta seluruh guru dan pegawai, pelaksanaan UNBK di SMAN 1 Tanjung berjalan dengan sangat lancar. Ada beberapa kendala sedikit, misal siswa terlambat, PLN mendadak mati, namun hal itu bisa diatasi oleh panitia dan segenap proktor dan teknisi.
UN memang bukan penentu kelulusan, artinya nilai UN yang diperoleh siswa tidak akan berpengaruh terhadap kelulusan dari satuan pendidikan, namun nilai UN tetap menjadi kebanggaan bagi siswa, guru, sekolah maupun pihak-pihak yang terkait. Yang menjadi syarat kelulusan dari satuan pendidikan adalah keikutsertaan UN bukan nilai UN, artinya siswa wajib ikut UN sebagai salah satu syarat kelulusan dari satuan pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...