Sabtu, 07 Januari 2012

Nuh Memastikan Nilai UN Diperhitungkan dalam SNMPTN 2012

UN tahun pelajaran 2012 digelar beberapa bulan lagi. Sementara pelaksanaan UN masih dipertanyakan dan menadi kontroversial, ada berita mengejutkan bagi kalangan pendidikan mengenai UN. Kita tahu bahwa pelaksaan UN masih jauh dari harapan. Masih banyak kecurangan di sana-sini. banyak sekolah (SMA) yang ada di pinggiran hasil UN-nya justru lebih bagus dari SMA favorit yang ada di perkotaan.

Untuk tahun akademik 2012/2013 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Nuh menyatakan bahwa Nilai UN menjadi syarat untuk seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri. Kebijakan yang sangat "berani", karena kita tahu selama ini pelaksanaan UN masih jauh dari kejujuran. Di lain pihak Perguruan Tinggi Negeri ternama yaitu UGM dan UNIBRAW menyatakan menolak kebijakan mendikbud tersebut.

"Berdasarkan pandangan akademik, nilai UN tidak bisa menjadi tes masuk PTN karena selain tujuan penyelenggaraannya berbeda, tes masuk perguruan tinggi menggunakan soal yang multiobjektif," Begitu yang dikatakan rektor UGM, Sujarwadi. Sementara itu rektor UNIBRAW mengatakan "benahi dulu pelaksaan UN sebelum digunakan sebagai syarat masuk ke PTN". Dia juga mengatakan bahwa kebijakan itu sebenarnya baik bila dilaksanakan di masa mendatang (bila pelaksanaan UN sudah baik).

Yang kita khawatirkan adalah sekolah semakin "membabibuta" dalam "menolong" siswanya agar siswanya lulus 100% dan mendapat nilai memuaskan. Namun bagaimanapun ini kebijakan Pak Menteri yang tentu kita mesti ikuti. Kita tunggu saja realisasinya.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...