Kamis, 23 Juni 2011

Logo SMAN 1 Tanjung


Makna Logo SMAN 1 Tanjung:
Logo adalah lambang yang mempunyai makna tertentu. Ada 2 macam makna yang terkandung dalam logo yaitu makna identitas dan makna spirit.

Makna Elemen
1. Bingkai lingkaran:
Lingkaran merupakan bangun datar yang jenisnya cuma satu. Berbeda dengan segitiga yang mempunyai banyak jenis, yaitu segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, segita siku-siku, segitiga tumpul dan lain sebagainya. Begitu pula segi empat dan segi lima juga banyak jenisnya. Lingkaran hanya satu. Dengan demikian lingkaran dapat dapat dipakai untuk simbol keesaan Tuhan. Lingkaran bentuk seperti angka nol (0). Angka 1 dan 0 ini adalah angka yang luar biasa. Angka ini melambangkan benar dan salah. Angka ini pula yang dipakai dalam era digital. Jadi dalam teknologi digital yang ada hanya angka 1 dan 0. Bila angka 1 dibagi oleh 0 maka hasilnya tak terhingga. Ini merupakan sifat Tuhan. Tak terhingga kekuasaannya, tak terhingga kasih-sayangnya dll. Bila angka 0 dibagi oleh 1 maka hasilnya adalah 0. Ini merupakan sifat manusia yang serba terbatas. Bila dibandingkan dengan Tuhan maka manusia tidak ada apa-apanya (Nilainya 0). Lingkaran juga melambangkan globalisasi. Hal ini sesuai dengan visi SMANTAN, yaitu berwawasan global.
2. Lima Orang Anak Sedang Memegang Pen dan Membaca Buku
Lima orang anak ini beraneka macam warnanya yaitu merah, putih, dan hijau. Aneka macam warna ini melambangkan kebinekaan SMAN 1 Tanjung, baik agamanya, sukunya maupun budayanya. Lima juga melambangkan Pancasila yang terdiri dari 5 sila.
3. Buku
Buku melambangkan proses pembelajaran yang merupakan inti dari dunia pendidikan
4. Sayap
Sayap melambangkan sebuah harapan melesatnya prestasi. Sayap fungsinya untuk terbang. Jadi dengan lambang ini berarti kita mempunyai harapan atau cita-cita SMAN 1 Tanjung prestasinya akan melesat tinggi.
5. Gelombang.
Melanbangkan kebaharian (kelautan) yang merupakan ciri khas atau unggulan SMAN 1 Tanjung.

Makna Warna
Di dalam logo ini terdapat berbagai macam warna, yaitu biru laut, biru tua, abu-abu, merah, putih, hijau, dan hitam.
1. Biru Laut
Biru laut merupakan warna dasar logo. Warna ini dipilih untuk meyesuaikan dengan unggulan SMAN 1 Tanjung yaitu kelautan. Warna biru mempunyai makna keteguhan
2. Biru Tua
Dipilih biru tua agar matching dengan warna dasar logo
3. Abu-abu
Ciri khas SMA yang mempunyai makna ketenangan
4. Merah
Mempunyai makna keberanian
5. Putih
Mempunyai makna kesucian
Dalam logo ini terdapat merah dan putih berdekatan. Ini melambangkan bendera Republik Indonesia.
6. Hijau
Mempunyai makna kesuburan
7. Hitam
mempunyai makna keabadian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...